Sabtu, 10 Desember 2011

Mikrokontroler


Apa itu mikrokontroler? Nah disini ane mau share nih tentang mikrokontroler. karena ane juga hobby bgt sma mikrokontroler, langsung aja ya.
Mikrokontroler merupakan sebuah chip pengontrol atau pemroses, mikrokontroler mempunyai kesamaan dengan mikrokomputer, yaitu :
1. mempunyai unit pengolahan pusat atau yang sering disebut CPU ( central processing unit )
2. Ram yang digunakan untuk menympan data secara sementara
3. dan memiliki luaran dan masukan I/O

mikrokontroler dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, misal nya untuk pengendalian, otomasi industri, akuisisi data, telekomunikasi, dan lain-lain.
Salah satu kelebihan mikrokontroler disamping harga relatif murah dan juga dapat diprogram secara berulang-ulang, dan dapat diprogram sesuai dengan keinginan kita, dengan fitur yang dimiliki oleh mikrokontroler. Arsitektur dari mikrokontroler terdapat dua macam, arsitektur CISC (complex instruction set compute ) dan RISC (reduce instruction set compute).
Tipe CISC, lebih banyak instruksi nya akan tetapi fasilitas internalnya secukupnya.
Tipe RISC, lebih banyak fasilitas internalnya akan tetapi instruksi nya yang lebih sedikit.
Nah yang sering ane pakai, itu mikrokontroler dari ATMEL. ane pernah pakai yang At89xxx yang bertipe CISC maupun yang AVR yang bertipe RISC. Selain dari atmel, masih banyak brand mikrokontroler yang dipasarkan, diantaranya : Microchip PIC, Motorola, Hitachi dan lain-lain.
Disini ane labih banyak bahas yang tipe AVR karena AVR lebih familiar buat ane gan. hehehe
Nah untuk AVR, biasa ane gunakan Atmega32, yang memiliki fitur yang lumayan lengkap, diantaranya : ADC internal, Timer/Counter, Watchdog timer, PWM, port I/O, EEPROM internal, komunikasi serial, komparator, I2C dan lain-lain.
Mikrokontroler AVR dapat dikelompokkan menjadi 3 macam :
1. keluarga AT90xx
2. ATmega
3. ATtiny


nih penampakan nya gan :

Mikrokontroler Atmel

Atmel Smd chip

Pemrograman AVR, dapat menggunakan bahasa assembly, atau dengan high level language (C, Basic, Pascal, Java dll). Untuk kedepan nanti ane akan bahas tentang pemrogrman mikrokontroler AVR ini, dengan bahasa basic ( bascom AVR) mungkin nanti juga dengan bahasa C ( codevison AVR dan WINAVR). oke cukup sekian dulu gan, mohon maaf kalo ada yang salang dan kurang pas, senoga bermanfaat.
Artikel Terkait Lainnya :


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar

Site Search